Spread the love

 

Kami menerima segala bentuk tulisan Anda dan membutuhkan tulisan Anda sebagai upaya untuk menyebarluaskan sebuah gagasan dan prespektif.

Kami percaya sebuah soal yang dipotret dengan segala macam pandangan akan menghasilkan beragam jalan keluar dan semakin terang benderang di mata publik.

Ini adalah hakikat utama dari upaya pembangunan literasi. Memelekan semakin banyak mata, mencerehkan semakin banyak pikiran, dan menghidupkan diskursus publik.

Meski tergolong baru, sejak dua minggu belakangan kami menerima banyak tulisan, bahkan dalam beberapa hari terakhir meningkat pesat di atas 50%.

Kami tentu bergembira untuk itu, banyaknya gagasan yang masuk ke meja redaksi menunjukkan bahwa semangat menulis kita cukup tinggi dan bangun konstruksi literasi kita sedang berada di jalur yang benar dan tepat.

Kegembiraan itu semakin membucah ketika kami menemukan daftar nama penulis baru dan umumnya dari Flores di kotak masuk email redaksi. Itu pertanda gairah kepenulisan kita terus menggeliat.

Namun, dibalik kegembiraan itu, kami harus menyampaikan beberapa problem dasar dari dunia kepenulisan kita, yang juga pada akhirnya dari banyak tulisan itu terpaksa tidak bisa kami akomodir untuk dipublikasikan.

Pertama, ada banyak tulisan tanpa dibuat pengantar yang baik di badan email. Ini penting, pengantar singkat dan menarik akan membuat para redaktur dan editor tertarik untuk membaca tulisan Anda. Pengantar meski singkat harus mampu menggambarkan isi tulisan Anda juga siapa diri Anda.

Kedua, logika gagasan yang tumpang tindih antar paragraf. Beberapa bahkan saling membantah dan tanpa arah. Sejak dari pengantar hingga penutup nyaris tidak memiliki inti wacana, semunya tampak mengambang. Menulis tanpa logika sama dengan Anda tidak menulis apa-apa.

Ketiga, copy paste. Ini seharusnya sudah dipahami sejak awal oleh siapapun yang menulis sebab, bagimanapun plagiasi adalah perendahan martabat dan adab dunia kepenulisan. Kami semakin kecewa hal itu justru dilakukan oleh kelompok terpelajar yang mengenyam pendidikan tinggi.

Keempat, parafrase. Selain teori evolusi Darwin dan relativity Einstein kita nyaris tidak memiliki gagasan baru, semuanya hanyalah replikasi berulang dengan perubahan kecabangan yang beragam.

Dalam konteks ini artinya kita akan selalu nyaris memiliki gagasan yang sama dan cendrung mirip, tetapi, itu bisa dipisahkan dengan teknik parafrase yang bagus, hal ini juga akan membantu kita untuk menghindari tindakan plagiasi.

Kelima, sebaiknya, sebelum menulis untuk media manapun, Anda harus belajar dengan baik ciri dan panduan menulis media tersebut.

Demikian beberapa hal penting yang bisa terus bersama-sama kita upayakan dari waktu ke waktu. Dan jelas, kami akan selalu terbuka untuk setiap kritikan yang datang dan tetap menantikan tulisan Anda.

 

Salam hormat

 

Redaksi ArnoldusWea.com


Spread the love