Spread the love

Terimakasih kami sampikan kepada 1241 peserta lomba menulis ulang tahun ke 75 Republik Indonesia dan ArnoldusWea.com ke 1.

Antusias yang Anda sekalian tunjukan, sebagai peserta lomba adalah pertanda baik bagi barometer pertumbuhan dunia literasi kita, yang sejauh ini, sebetulnya, tidak terlalu menggembirakan.

Namun, ditengah animo yang tinggi dan semangat kami yang membuncah karena angka partisipasi peserta yang tinggi, kami juga memberikan beberapa catatan penting.

Hal ini didasari oleh kondisi penting bahwa kuantitas yang ada—melalui besarnya jumlah peserta—masih belum berjalan linear bersama dengan kualitas.

Ada berbagai masalah elementer yang kami temukan dibanyak tulisan, dan menjadi patokan bagi kami untuk menilai kelayakan sebuah tulisan untuk masuk ke dalam daftar juara, seperti :

1. Rendahnya originalitas karya dan keatraktivan judul atau topik yang diangkat. Originalitas penulis dalam hal ide dan argumentasi serta seberapa menariknya judul dan topik yang diangkat.

Dalam sebagian besar tulisan, kami menemukan rendahnya orginalitas yang berkelindan dengan buruknya kemampuan paraphrase sesudah proses pengutipan, dan tentu saja hal ini tidak terhitung dengan tindakan plagiatisme yang menyedihkan itu.

2. Buruknya format penulisan yang mencakup tipografi, kerapian ketik, dan jumlah kata sebagai prasyarat dasar lomba. Hampir sebagain besar penulis tidak patuh pada prasyarat semacam ini.

3. Penggunaan bahasa yang baik dan benar masih jauh dari harapan. Hal ini mencakup gaya penulisan dan kemampuan (atraktivitas dan inovasi) dalam menggunakan kata, yang dalam beberapa tulisan sama sekali tidak terlihat.

Kami menemukan ada banyak kalimat yang digunakan tidak efisien dan enak dibaca, serta masih adanya penggunaan istilah asing yang tidak tepat, bahkan, dalam tulisan tertentu tidak lebih baik dari status “alay” di media sosial.

4. Analisis permasalahan kurang begitu tajam. Banyak penulis yang tidak mampu merumuskan masalah sesuai tema dan materi tulisan yang diberikan, sehingga, upaya penyelesaian masalah dengan perumusan masalah—yang disertai dengan argumentasi ilmiah—dalam tulisan sama sekali tidak terlihat.

5.Beberapa tulisan tidak memuat unsur manfaat dan urgensi permasalahan yang diangkat.

Berdasarakan pandangan umum di atas, maka, kami memutuskan bahwa pemenang lomba menulis ulang tahun ke 75 Republik Indonesia dan ArnoldusWea.com ke 1, adalah:

1. Elvan De Porres. Judul tulisan: Pariwisata Kerakyatan: Tanding atau Naik Banding.

2. Rikardus Mantero. Judul tulisan: Pemerataan Pembangunan Pariwisata di NTT.

3. San Mite. Judul Tulisan: Heterotopia Pulau Rinca Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores-NTT.

Selamat untuk para pemenang, kami akan menghubungi Anda. Terimakasih

 

Hormat Kami

 

Redaksi ArnoldusWea.com

 

 

 

.

 

 

 


Spread the love